Oleh: benmashoor | 28 November 2008

Al-Hasani (Yusuf bin Abid)

Nasab : Yusuf bin Abid bin Muhammad bin Umar bin Ibrahim bin Umar bin Isa bin Abi Wakil Maimun bin Isa bin Musa bin Azuz bin Abdul Aziz bin Allal bin Jabir bin Ayadh bin Qasim bin Ahmad bin Muhammad bin Idris bin Idris bin Abdullah al-Kamil bin Hasan al-Mutsanna bin Sibt Rasulillah saw al-Hasan.

Anak-anaknya : Beliau mempunyai empat anak yaitu : Abi Wakil, Muhammad, Abdullah dan Umar. Dari anaknya yang bernama Abdullah dan Umar menurunkan al-Hasani yang bertempat tinggal di Seiwun dan Indonesia (Gorontalo).

Dari family al-Hasani Yusuf bin Abid ini antara lain dikenal juga dengan sebutan al-Masyhur al-Hasni, dikarenakan salah satu kakek mereka  bernama Masyhur. Maka untuk selanjutnya, anak cucu mereka disebut al-Masyhur al-Hasni.

Keturunan Yusuf bin Abdi ini, satu-satunya family al-Hasani yang tercatat di Maktab Daimi-Rabithah Alawiyah, hal itu disebabkan kakek mereka Yusuf bin Abid yang berasal dari kota Fez-Maghrib mengembara untuk menuntut ilmu ke berbagai kota di antaranya Tilmisan, Miknas hingga Hadramaut. Karena beliau datang ke Hadramaut, maka keturunan al-Hasani dari Yusuf bin Abid ini tercatat dalam kitab-kitab nasab Alawiyin yang berasal dari Hadramaut.


Kategori

%d blogger menyukai ini: