Oleh: benmashoor | 5 Agustus 2008

Ahlu Bait Rasulullah saw menurut Alquran dan Sunnah Rasul saw.

Berdasarkan dalil-dalil dari ayat-ayat alqur’an dan sunnah Rasulullah saw, kitab-kitab tafsir dan hadith menjelaskan bahwa yang dimaksudkan dengan ahlu bait Rasulullah saw ialah lima orang yaitu Rasulullah saw, Ali, Fatimah, Hasan dan Husein. Dari Ummu Salamah diriwayatkan ketika turun ayat alquran :

إنّما يريد الله ليذهب عنكم الرّجس اهل البيت ويطهّركم تطهيرا

Ia berkata : maka Rasulullah saw memanggil Ali, Fathimah, Hasan dan Husein. Lalu berkata : mereka adalah ahlu baitku (هؤلاء أهل بيتي )[1].

Berkata Aisyah ra, ‘Sesungguhnya laki-laki yang paling dicintai Rasulullah saw adalah Ali as, aku melihat dia dalam surban Rasul saw bersama Fathimah, Hasan dan Husein. Maka Rasul saw berkata : (هؤلاء أهل بيتي اللهمّ )[2]. Kata ahlu bait bukanlah bermakna orang yang tinggal dalam satu rumah, tetapi kata itu bermakna keluarga rumah kenabian, mereka adalah orang-orang yang telah mendapatkan pendidikan dalam naungan asuhan risalah, yang tumbuh dalam keadaan suci dan berilmu. Diriwayatkan ketika Rasulullah saw membaca firman Allah swt :

‘Bertasbih kepada Allah di rumah-rumah yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya’.[3]

Rasul saw ditanya : apakah yang dimaksud dengan ‘rumah-rumah’ dalam ayat tersebut. Rasul saw menjawab, ‘rumah para Nabi’. Berkata Abubakar, ‘ Ya Rasulullah, apakah ini termasuk rumah mereka (Ali dan Fathimah) ? Berkata Rasul saw, ‘Ya.[4]

Ali bin Abi Thalib as berkata :

نحن بيت النبوّه , و معدن الحكمه , أمان لأهل الأرض , ونجاة لمن طلب

‘Kami (ahlu bait) adalah ahli rumah kenabian, tambang hikmah, pengaman bagi penduduk bumi dan keselamatan bagi yang menginginkannya’.[5]

Berkata Husein bin Ali bin Abi Thalib as :

إنّا أهل بيت النبوّه

Sesungguhnya Kami adalah ahlu bait kenabian’.[6]


[1] Mustadrak Shahihain (3/158)

[2] Tarikh Damsyiq, (2/163-164)

[3] An-Nuur : 1

[4] Al-Dur al-Mansur (5/50), Ruh al-Ma’ani (18/174).

[5] Natsr al-Duror (1/310)

[6] Al-Khowarizmi (1/184)


Kategori

%d blogger menyukai ini: